Mengetahui Sebab Tangisan Bayi

Bagaimanapun bayi menangis yang mendapat respon dari pengasuhnya akan berkembang dan maju lebih cepat daripada yang tangisnya diabaikan. Berikut ini beberapa penyebab bayi menangis :

-Bayi Anda Lapar :

Sulit untuk mengetahui berapa banyak ASI atau susu formula yang diperlukan bayi yang baru lahir, jadi cara ini adalah yang paling baik untuk memberitahu anda bahwa dia lapar kecuali anda tahu dia telah cukup minum.

-Bayi Anda Ingin Digendong :

Mungkin anda akan takjub dengan bayi yang cepat sekali merasa tenang setelah digendong. Bayi menghabiskan beberapa bulan dibungkus rapat dalam rahim dan mungkin merasa tidak aman atau takut berada diruang yang lebih besar seperti ditempat tidur atau kereta bayi.

-Bayi Anda Lelah :

Bayi akadang-kadang mengalami susah tidur dan menangis karena mereka tidak mempunyai cara lain untuk mengemukakan penderitaan mereka.

-Bayi Anda Perlu Menghisap :

Empeng atau jari sangat berguna bila bayi tetap rewel meskipun ia telah kenyang.

-Bayi Membutuhkan Rangsangan atau Terlalu Dirangsang :

Pada situasi ini, bayi rewel karena ia memiliki keterbatasan dalam menyatakan kebutuhannya, bahkan pada saat kebutuhan-kebutuhan tersebut bertentangan.

-Bayi Anda Mempunyai Waktu Menangis :

Ini bukalah tangisan berjam-jam dari seorang bayi yang sakit. Biasanya keadaan rewel ini hanya sebentar saja setiap hari, sering dimalam hari, ketika bayi anda tidak dapat ditenangkan dan perlu untuk menangis.

-Bayi Anda Mungkin Menderita Kolik (sakit perut) :

Tangisan yang keras dan terus menerus tidak dapat ditenangkan walaupun telah menggunakan berbagai cara mungkin merupakan gejala kolik, suatu terminology yang tidak dapat didefinisikan. Karna dokter tidak mengetahui penyebabnya, pengobatannya berdasarkan gejala. Kolok sering diikuti dengan bayi menarik tungkai kaki dan mengerutkan wajahnya. Keadaan ini akan membaik setelah tiga bulan.

-Kemungkinan – Kemungkinan Lain :

Bayi anda merasa tidak nyaman karna popok basah atau kotor, atau cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, dia mungkin mengalami nyeri lambung, atau terkejut oleh suara yang keras.

Bila anda telah mencoba berbagai cara, dan bayi anda masih saja menangis, yang mungkin saja terjadi, anda dapat mencoba meletakkan bayi pada gendongan dada dan melakukan tugas-tugas anda atau membawanya jalan-jalan atau dengan menaiki mobil. Buaian yang dapat berayun yang dirancang untuk bayi dapat berguna juga. JANGAN MENGGUNCANG BAYI ANDA. Karna hal ini dapat menyebabkan cidera dan hanya akan menyebabkan bayi menangis lebih keras.

Bila bayi tidak berhenti menangis, sebaiknya anda membawa ke dokter anak.

Sumber : Buku Panduan Kehamilan dan Masa Awal Menjadi Orang Tua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: