Cara Berkomunikasi dan Mendidik Janin (Bacaan Wajib Ibu Hamil)

Berkomunikasi dengan anak sebetulnya sudah dapat dimulai sejak dini bahkan ketika anak masih menjadi janin dalam perut ibu. Dengan menyadari bahwa orangtua dapat berkomunikasi dengan janin dalam kandungan akan memberikan ikatan hubungan yang lebih dekat dan juga menjadi sebuah pengalaman yang begitu menyenangkan yang tidak dapat terlupakan.

Ada beberapa komunikasi yang dapat dilakukan orangtua kepada janin yang dikandungnya, tentunya dengan mengetahui pertumbuhan dan perkembangan pembentukan indera-indera janin, sehingga komunikasi dapat tepat dilakukan.

Indera Peraba

Indera Peraba ini berkembang sebelum minggu ke 8. Ketika janin bergerak dan telapak tangan atau kakinya tampak pada perut ibu, sentuhlah dia, berikan perasaan lembut dan kasih sayang kepadanya, sehingga ia merasakan kelembutan, rasa cinta dan kasih sayang dari orangtuanya. Rasa cinta dan kasih sayang dari orangtua yang dia rasakan akan memberikan ketenangan pada janin anda.

…Rasa cinta dan kasih sayang dari orangtua yang dia rasakan akan memberikan ketenangan pada janin anda…

Indera Pendengaran

Indera pendengaran mulai berkembang pada minggu ke 8 dan selesai pembentukan pada minggu ke 24. Indera pendengaran ini juga dibantu oleh air ketuban yang merupakan penghantar suara yang baik.

Janin akan mulai mendengar suara aliran darah melalui plasenta, suara denyut jantung dan suara udara dalam usus. Selain itu janin akan bereaksi terhadap suara-suara keras, bahkan bisa membuat janin terkejut melompat.

Pada minggu ke 25 janin sudah dapat mendengar dan mengenali suara orang-orang terdekatnya seperti ibu dan ayahnya. Lakukanlah komunikasi dengannya meskipun hanya satu arah, bertilawah quranlah orangtua, bacakan cerita atau berbicalah dengan janin untuk  lebih mendekatkan diri janin dengan orangtuanya dan lebih mengenal suara dari orangtuanya.

…orangtua yang sedang marah akan memberikan reaksi marah pula pada janin, sebaliknya alunan tilawah Al-Qur’an yang lembut dapat menenteramkan janin…

Bahkan orangtua yang sedang marah akan memberikan reaksi marah pula pada janin, sebaliknya alunan tilawah Al-Qur’an yang lembut dapat menenteramkan janin.

Indera Perasa

Indera perasa janin akan terbentuk pada minggu ke 13-15. Pada usia ini janin dapat merasakan substansi yang pahit dan manis. Jika, cairan ketuban yang dia rasakan manis, maka dia akan meminumnya dan menelannya. Namun jika air ketuban yang dia rasakan terasa pahit, janin akan meronta dan mengeluarkannya, serta janin akan menghentikan konsumsinya tsb..

Indera Penciuman

Indera penciuman akan terbentuk pada usia kehamilan 11 – 15 minggu. Ketika indera penciuman ini terbentuk, janin dapat mencium dari bau air ketuban yang baunya mirip seperti ibunya. Makanya ketika bayi terlahir, dalam beberapa jam ia akan mengenali siapa ibunya berdasar dari indera penciuman ini.

Indera Penglihatan

Dari awal kehamilan hingga usia ke 26 mata bayi akan selalu tertutup untuk memproduksi retina, namun meskipun demikian retina janin pada usia kehamilan 16 minggu dapat mendeteksi adanya pancaran sinar.

Pada usia kehamilan di minggu 27,  janin mulai membuka matanya dan melihat ke sekelilingnya untuk pertama kalinya. Mata janin dapat menangkap cahaya yang masuk ke dalam rahim ibunya, baik itu sinar matahari atau sinar lampu. Selain itu otak janin akan bereaksi terhadapa kelap-kelip cahaya

Jadi, janin dapat bereaksi terhadap berbagai rangsangan yang datang dari luar bahkan dalam tubuh ibu. Oleh karena itu sudah seharusnya lingkungan tempat tinggal, tingkah laku dan tutur kata ibu yang tengah mengandung harus selalu dijaga. Segala sesuatu yang dilihat dan didengar sendiri, baik itu perasaan suka, marah, sedih dan senang, sudah pasti memberi pengaruh bagi perkembangan si janin.

…manfaatkan sepenuhnya keunikan janin ini, untuk memberikan pendidikan sedini mungkin dan pengaruh baik secara berangsur-angsur dengan penuh semangat mendorong maju pertumbuhan dan kesehatan jiwa dan raga janin…

Jangan mengira bahwa janin belum memiliki perasaan, sehingga dengan sengaja tidak membatasi diri. Maka dari itu manfaatkan sepenuhnya keunikan janin ini, untuk memberikan pendidikan sedini mungkin dan pengaruh baik secara berangsur-angsur dengan penuh semangat mendorong maju pertumbuhan dan kesehatan jiwa dan raga janin. [nala/bidanku.com]

Responses

  1. terima kasih atas penjelasan nya aku senang sekali membaca nya karna saat ini aku lagi hamil sekali lagi trima kasih assalamualaikum

  2. Terima kasih…
    Sangat bermanfaat. Tolong do’anya semoga bayi kami baik2 aja, sekarang istri saya sedang mengandung d usia 27 minggu (bua hati pertama kami).
    Tolong di sare lagi info2 tentang kesehatan ramim dok.. Di tunggu!!

  3. Mudah-mudahan bunda dapat berkomunikasi dengan baik sama janin yang ada dalam kandungan bunda, Amin

  4. Terima kasih, saya hamil pertama jdi msih awam sekali dan banyak membaca agar mengtahui perkembangan janin dalam kandungan saya. Alhamdulillah sekarang sudah jalan 11 minggu.

  5. Aslm,sye sudah pun hamil 11mggu.sungguh unik prkmbangan baby yg dikandung..info ini sngguh membantu.saya selalu berkomunikasi dgn baby dlm kndungan walaupun ia masih kecil utk mndengar..tp pengalaman yg amat bermakna utk saya sebagai ibu…;)

  6. ass,.alhamdulilh saya udah hamil 25 minggu,.makash atas infonya subhanallah perkembgnnya sekrg udah sering gerak2 ..dan pengalamn ini sungguh sangadz membuat bahagia ,setidaknya ada kehidupn yg lain di rahim sya

  7. tks, itri aq lg hamil 16 minggu. ini bisa jd rfensi buat
    kluarga br qami

  8. sungguh info ini sangat memberikan manfaat bagi ibu yg sedang mengandung,, alhamdulillah sy sekrng sedang hamil 11 minggu.. doakan yah semoga selalu sehat sampe lahiran.. amin
    thanks dok atas infox…

  9. trmksh atas info n msukan nya….
    sangat membantu n brmanfaat buat saya n smua…
    smga kita smua sllu dbri prlindungan n kshtn.. smpai nti wktu nya tiba.
    aminnn….

  10. Makasih infonya, subhanaLlah, smg mabfaat

  11. saya hamil 10 minggu dan bayi sehat lincah, hidung mancung.. meski tanpa ayah, dia akan hidup bersama ibunya yg akan menjaganya dan merawatnya dengan baik…doakan semua lancar, baby sehat ya teman-2… meski saya tidak bisa merasakan kesempurnaan keluarga tapi baby ini sangat bearti…mohon support dari teman-2🙂 tetap semangat

    • Aaamiiin… Mb ana kita senasib :’) tetap semangat ya! Smg baby dan ibunya selalu sehat.

  12. terima kasih infonya, bagi kami ini sangat bermanfaat…semoga saya bs menjadi dan harus bs mnjadi ayah yang baik bagi sang bayi…….

  13. Subhanallah…kebesaran Allah…mkasih info’y sangat brguna wat saya,alhmdulillah saya jg lg hamil 12 minggu mnt do’any smoga kehamilan saya lancar g ada apa” sampai persalinan kelak,amiiin”

  14. Terimakasih..
    Alhamdulillah, dapat ilmu yang bermanfaat.. sekarang lagi hamil anak ke 2,..
    Assalamualaikum..

  15. Trimakasih banyak …

  16. thx artikelnya^_^

    bermanpaat sekali sebagai pegangan.. alhamdulillah

  17. Aslmullaikum, makasih atas kejelasanx dan saya senang membacanya, saya pun skrg lgi hamil usia kandungan saya 15 minggu, mohon doanya biar saya dan janin sya sehat hingga persalinan nanti, آمِّينَ
    Wasllam

  18. […] Cara Berkomunikasi dan Mendidik Janin (Bacaan Wajib Ibu Hamil) – terima kasih atas penjelasan nya aku senang sekali membaca nya karna saat ini aku lagi hamil sekali lagi trima kasih assalamualaikum… […]

  19. Thanks infonya.
    Istri saya sdg hamil pertama, dua hari lg masuk 16 minggu.
    Semoga istri n kandungannya sehat selalu dan semoga ibu2 hamil+janinnya didunia ini diberikan kesehatan dan keselamatan.
    Aamiin.

  20. Saya kan lagi hamil anak ke 3 udah 13 minggu tapi belum kerasa gerak kanya kenapa ya

  21. Terima kasih atas info baik ini, saya n suami jd bisa mengerti tentang mendidik anak sedini mungkin.

  22. Saya senang, saya jdi tau apa yg harus saya lakukan. Untuk perkembangan janin sedini mungkin. Sem0ga bayi saya nanti terlahir sehat, sempurna, berguna bgi nusa bngsa dan agama, amien


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: