Oleh: Ummu hanik | 30 Juni 2010

Gerak

Dua ekor rusa tampak berlari kecil menelusuri semak belukar menuju puncak bukit. Sesekali, sang induk dan anak rusa ini berhenti sebentar, kemudian berlari lagi. Anak rusa tampak kelelahan mengikuti gerakan rusa induk.“Bu, kenapa istirahatnya sebentar sekali?” tanya si anak rusa sambil terengah-engah. Jarak antara keduanya pun mulai tampak lebih jauh.

Menyadari itu, sang induk rusa berhenti sebentar sambil menggerak-gerakkan kaki-kakinya. ”Ayo nak, terus bergerak!” teriak sang induk rusa ketika anak rusa ikut berhenti dan terduduk lemas.

”Bu, kenapa kita tidak duduk-duduk sebentar? Bukankah pemburu yang mengejar kita sudah tertinggal jauh?” tanya sang anak rusa sambil sesekali mengatur nafas.

”Anakku,” sapa sang induk rusa sambil menghampiri anaknya. ”Kita bergerak bukan karena semata-mata kejaran sang pemburu. Kita harus terus bergerak karena seisi alam raya ini memang dirancang Tuhan untuk selalu bergerak!”

***

Siapa pun kita, tidak selalu berada dalam keadaan seperti yang diinginkan: pencapaian target hidup yang serba mudah, sarana yang selalu mudah tersedia, dan sebagainya.

Ada kalanya, hidup menyuguhkan sisi lain, jauh seperti keadaan yang diinginkan. Saat itulah, fisik dan batin menjadi teramat lelah seperti sehabis berlari dari kejaran pemburu yang menginginkan kematian kita.

Kelelahan itu menuntut fisik dan batin kita untuk berhenti bergerak. Diam, dan melupakan segalanya.

Perhatikanlah, bahwa sebenarnya, di saat lelah itulah, fisik dan batin kita perlu terus bergerak. Bukankah air sungai akan menjadi kotor ketika alirannya tidak lagi bergerak. Bukankah bumi dan seisi alam ini akan hancur ketika mereka tidak mau lagi bergerak. (muhammadnuh@eramuslim.com)

foto ilustrasi: derekrobertson


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: