Mata kedutan bukan mitos tapi gejala penyakit

Mata berkedut atau biasa dinamakan kedutan hampir pernah dirasakan semua orang. Karena jarang-jarang terjadi, ketika mata kedutan biasanya dianggap sebagai pertanda mau dapat rezeki atau dapat masalah.

Mata kedutan biasanya hanya terjadi beberapa detik atau menit yang terjadi dalam sekali atau beberapa kali dalam satu hari. Atau terkadang akan hilang dan datang lagi.

Kedutan terjadi sangat spontan yakni gerakan tiba-tiba pada kelopak mata atas atau bawah. Kedutan bisa terjadi pada semua usia dan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena bukan penyakit berbahaya dan tidak mempengaruhi kemampuan penglihatan.

Ada mitos mengatakan, jika mata kiri kedutan artinya akan menangis. Atau, bila kedutan di mata kanan mitosnya ada seseorang yang merindukan Anda. Tapi, tahukah Anda sebenarnya ada makna medis di balik ‘reaksi’ tubuh ini?

Menurut Dr. Karen Wolfe, penulis buku ‘Create The Body Your Soul Desires’, mata kedutan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami gangguan ringan.

Kedutan atau istilah medisnya Blepharospasm (Beb) adalah kontraksi otot tak terkontrol yang menyebabkan kontraksi sekitar mata. Jika Anda terus-menerus mengalami mata kedutan tanpa henti, bisa jadi merupakan gejala gangguan saraf.

Tapi, bila hanya sesekali mengalaminya, mata kedutan secara medis bisa berarti Anda sedang stres, kurang tidur, atau terlalu lama melihat di tempat yang sama dalam waktu lama (misalnya, terlalu lama melihat layar komputer).

Para ahli kesehatan sepakat, 99% kedutan pada mata disebabkan karena tubuh didera stres dan kelelahan. Tidak ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghentikan kedutan pada mata ini selain membiarkan tubuh dan mata Anda untuk beristirahat.

Sebelum masalah ini semakin parah, ada baiknya Anda mulai mengurangi tingkat stres, kurangi asupan kopi, dan cobalah untuk tidur minimal 7 jam sehari.

Menurut Burt Dubow, OD, FAAO, pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan bukan masalah medis yang serius. Kedutan adalah kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi.

Kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat.

Kedutan dianggap berbahaya jika kejadiannya berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu lama atau gerakannya tidak bisa diobati.

Insiden dan kejadian kedutan tidak dapat diketahui, namun seperti diberitakan oleh allaboutvision, setidaknya ada 7 faktor yang menjadi penyebab kedutan:

1. Stres
Mata berkedut dapat menjadi salah satu tanda stres karena mata menjadi begitu tegang. Mengurangi penyebab stres dapat membantu membuat mata berhenti bergerak-gerak.

2. Kelelahan
Kurang tidur yang dialami entah karena stres atau alasan lain dapat memicu kejang kelopak mata. Segera bayar kekurangan tidur Anda dapat membantu mengurangi kedutan.

Dr.Andreas Prasadja, RPSGT, sleep physician di Sleep Disorder Clinic dari RS Mitra Kemayoran, mengatakan kedutan bisa diakibatkan oleh gangguan pada organ penglihatan kita yang bersifat sementara akibat kurang istirahat. Gangguan ini lebih parah, jika sudah menjalar ke otot sekitar bibir. Kondisi ini disebabkan oleh adanya iritasi yang terjadi pada saraf kranial ke-7 di wajah oleh pembuluh darah arteri serebri anterior atau karena gangguan yang lain.Kalau begini, Tidurlah yang cukup dan teratur. Kalau berkutat di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata sejenak dengan cara melihat ke jauh depan, kemudian pejamkan. Kompresan air dingin baik juga diberikan untuk mengurangi peradangan. Jika kedutan masih berlanjut, konsultasi ke spesialis saraf.

3. Mata lelah
Mata Anda mungkin bekerja terlalu keras yang memicu kelopak mata bergerak-gerak. Mata yang tegang karena terus menatap komputer salah satunya menjadi penyebab yang sangat umum dari gangguan mata.

4. Kafein dan Alkohol
Banyak ahli percaya bahwa terlalu banyak kafein dan alkohol dapat memicu mata berkedut karena tekanan pada pembuluh darah meningkat.

5. Mata kering
Lebih dari separuh penduduk tua mengalami mata kering akibat proses penuaan. Mata kering juga sangat umum bagi orang-orang yang menggunakan komputer, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin, antidepresan, memakai lensa kontak dan mengonsumsi kafein atau alkohol. Lelah dan stres juga bisa memicu mata kering.

6. Ketidakseimbangan Nutrisi
Beberapa laporan menunjukkan kekurangan zat gizi tertentu seperti magnesium dapat memicu kejang kelopak mata. Jika Anda mencurigai kekurangan gizi telah mempengaruhi kesehatan sebaiknya minta pendapat ahli gizi.

7. Alergi
Orang-orang dengan mata alergi memiliki gejala antara lain gatal, bengkak dan mata berair. Ketika mata digosok, akan mengeluarkan histamin yang memicu keluarnya air mata. Beberapa bukti menunjukkan bahwa histamin dapat menyebabkan kelopak mata bergerak-gerak.

8. Gangguan saraf motorik ke-7
Menurut Dr.Donny Istiantoro, Sp.M, spesialis mata di Jakarta Eye Center, kedutan pada mata adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Karena, biasanya akan sembuh sendiri. Karena gangguan saraf motorik ke-7 ini hanyalah akibat terlalu lelah. Untuk hal ini, bisa atasi dengan mengonsumsi multivitamin penambah darah atau vitamin E. Jika kondisinya semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kita bisa meminta yang ahli untuk melakukan suntik Botoks. Atau pergi memeriksakan diri ke ahli bedah mata.

9. Dystonia atau Blepharospasm
Menurut naturopati Riani Susanto, ND, CT., mata berkedut bisa disebakan oleh faktor keturunan, trauma fisik dan infeksi. Ini membuat saraf bergerak dan otot mata berkontrasi kedutan (dystonia). Atau bisa juga karena stres dan kelelahan, sehingga kontraksi otot menjadi tidak terkendali dan menyebabkan terjadi kontraksi pada daerah sekitar mata (blepharospasm).

Untuk kasus ini, jauhi stres. Cobalah menjadi orang yang lebih bersyukur dengan semua kita miliki sekarang. Rasa syukur mampu mengangkat beban pikiran kita. Agar daerah mata yang berkedut terasa relaks, kurangi paparan cahaya dengan menggunakan kaca mata hitam. Jika kedutan mata sudah menjadi permanen, suntik botoks bisa dilakukan jika perlu, untuk melokalisasi dan membuat lumpuh area kedutan. (fn/vs/dt/lp) www.suaramedia.com

Responses

  1. terimakasih sharing info nya, sangat bermanfaat.

    • iya bu…. jazakillah

  2. yo

  3. makasih banget infonya,
    aku selama ini masih percaya mitos..
    jadi suka lebay kalo mata kedutan.

  4. alhamdulillah q sudah tau faktanya………

    syukron katsiir

  5. Aslmualaikum,akir2 ni mata saya sring kdutan kelopak mata kiri atas,dn dlm intensitas yg lbh lma n sring dr pd biasa.sya bkrja 8jam ddpan kompi,n sngt sdkit yg sya asumsi unk vit/nutrisi,apakh ini dampaknya?

    • wa’alaikumsalam Djulia…
      mengenai mata kedutan dalam dunia kesehatan, kedutan sebenarnya salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh melalui otot. Tak jauh berbeda dengan kram, kedutan merupakan hasil aliran listrik syaraf tak normal pada otot.

      Bedanya, jika pada kram terjadi gelombang listrik yang terlalu besar, sedangkan kedutan terjadi aliran listrik secara involuntir, atau tanpa disadari dan terjadi terus menerus. Kontraksi ini diteruskan melalui syaraf pada target otot diluar kontrol.

      Yusak menganalogikan, ibaratnya orang menerima informasi secara berlebihan dan sudah overload. Lama kelamaan akan melakukan hal-hal di luar normal, karena menerima informasi yang berlebihan.
      Umumnya, kedutan terjadi pada bagian tubuh yang lelah seperti wajah, tangan, kaki, dan dada. Sifat lelahnya bukan diakibatkan aktivitas berat, tapi dilakukan dalam jangka waktu panjang di luar batas normal, sehingga memicu kelelahan. Misalnya, terlalu lama menggunakan komputer, kurang tidur, bekerja terus menerus tanpa istirahat, atau lainnya. Pada kondisi stres, kedutan akan semakin parah, bahkan kontraksi tanpa sadarnya akan semakin kuat.

      Kedutan juga bisa merupakan pertanda gejala neuropati seperti ALS (amyotrophic lateral sclerosis). Gangguan ini merupakan penyakit degeneratif yang biasanya diidap orang-orang lanjut usia di atas 50 tahun.

      mengenai hal ini coba konsultasikan ke dokter untuk keterangan lebih jelasnya … istirahat jangan lupa setiap satu jam sekali istirahatkan mata bila bekerja di depan komputer, cukupi kebutuhan air dan vitamin yg bersifat alami untuk menambah imunitas tubuh
      bisa dilihat disini untuk keterangan yg lain http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Umum/Yuk-Kenali-Sinyal-Tubuh!-2

      • Sangat bermanfaat infonya,,, makasih,,

  6. Wah jzklh bgt infonya.

    • tq for info very good

  7. terimakasih atas penjelasannya.

  8. aduh ni mata kanan masih bekedut,,,
    penasaran buka mr. Google, pertanda apa sih?

  9. assalamualaikum,
    infonya sangat bermanfaat sekali..
    tapi saya masih bingung dengan rentan waktu kedutan jangka panjan. Kira-kira jangka panjang disini sekitar berapa lama?
    Karena belakangan ini mata saya kedutan dan hal tersebut sudah berlangsung sekitar 5hari…

  10. waah saat ini saya mengalami kedutan sudah 2 minggu..
    menggangu dan sangat tidak nyaman…
    antara mitos takut akan terjadi sesuatu…
    secara medis : kok bisa lama sekali yaaa…

  11. @Widodo and Eka bila kedutan terjadi secara terus menerus seperti itu apakah sudah diperiksa ke dokter yaa.. :) apakah eka saat ini sedang mengalami stress (kelelahan) yg berkepanjangan ? penyebab mata kedutan biasanya adalah terlalu lama menggunakan komputer, kurang tidur, bekerja terus-menerus tanpa istirahat, Dalam dunia kesehatan, kedutan sebenarnya salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh melalui otot. Tak jauh berbeda dengan kram, kedutan merupakan hasil aliran listrik syaraf tak normal pada otot.

    Bedanya, jika pada kram terjadi gelombang listrik yang terlalu besar, sedangkan kedutan terjadi aliran listrik secara paksa, atau tanpa disadari dan terjadi terus-menerus. Kontraksi ini diteruskan melalui syaraf pada target otot di luar kontrol, ibarat orang yang menerima informasi secara berlebihan dan sudah overload, lama-kelamaan akan melakukan hal-hal di luar normal, karena menerima informasi yang berlebihan…

    maaf bila jawabanx kurang memuaskan yaah… :) silahkan konsultasi di sini dengan sang debu https://www.facebook.com/profile.php?id=100000710726976 atau dengan dr. Muhammad ali toha assegaf https://www.facebook.com/malitohaassegaf

  12. tq infonya,trnyta bnyak yg menyalah artikn kedutan’

  13. Terima kasih, sempat percaya pada mitos absurd&penyakit yg aneh2..
    Tapi ternyata cuma krn faktor lelah,beberapa hari ini dari pagi sampai pagi memang ngadep kompi terus mungkin itu ya penyebabnya.
    Jadi harus “balas dendam” nih.
    Istirahatkan dulu beberapa hari.
    Terima kasih sekali lagi buat sharingnya.
    Sangat bermanfaat.

  14. apakah hanya dengan suntik botox baru bisa sembuh? haram tidak?

    • Iýª‎ aneh ya kok jadi suntix botox…

  15. Thanks a lot..sangat bermanfaat :)

  16. assalamu’alaikum… sdh 2 hari ini mata saya sebelah kanan berkedutan… ada apa kenapa ya? syukron…

  17. sudah hampir 2 minggu kedutan, mitos sudah ga percaya dan sedang mencari penyebabnya secara ilmiah. Minum kopi: iya, walopun cuma pagi dan sore, stress: mungkin, kelelahan: bisa jadi, walopun ga pernah masalah sama tidur. Cuma bisa berdoa semoga diberikan kesehatan.
    Makasih infonya, sangat membantu

  18. makasih infonya… ino dah 3 hari mata ane pojok atas yg kiri kedutan terus…mungkin iya ane la stress banyak persoalan yg..ane alami…

  19. Makasih banyak ya buat infonya. Infonya sangat berguna bagi kita semua. Terus apa lagi penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Sekali lagi terima kasih banyak :D

  20. alhmdulillah q dh ngrti mksud mata kedutan. cz hmpir -+ udh 20 hri mta kananq kdutan trus. sukron katsir,,,

  21. Udah 4 hari mata kanan kedutan.. Sejak PRt pulang kampung lebaran, urusin rumah sendiri. Apa mungkin kecapekan fisik juga Bikin kedutan?

  22. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

  23. makasih infonya kalian membantu saya, benar sekali keadaan saya lagi stres jadi mata saya selalu kedutan dlm 1 minggu ini,

  24. kelopak mata kananku kedutan 3hari tiap kali di depan komputer.

  25. kl saya sudah sekitar 2 hari sudut bibir saya berdenyut/berkedut ketika mata berkedip, sma dagu rasanya aneh (rasanya seperti ada garis dari dagu bawah sampai bibir)saat nyengir itu pertanda ap y???penyakit ap?? cara mengobatinya bagaimana???sya perempuan 22 tahun belum menikah..mksih

  26. Apa bisa menjamin kalo beristirahat bisa sembuh?

  27. Waaa.. infonya bagus sekali. Sangat membantu, terlebih lagi aktifitas saya hampir 80%nya berhubungan dengan komputer. Pantas saja beberapa hari terakhir ini mata kanan q sering berkedutan, rupanya karena terlalu lelah & stress juga :p

  28. aku kedutan di dada kiri secara terus menerus gak berhenti2…mohon pencerahannya

    • Samaaaa bang sy jg kedutan ga stop2 di dada kiri… Aneh yak..

  29. terima kasih atas infonya ,,,, karena saya sering mengalami kedutan setiap hari,,, temen” aq blang ,,, itu pasti ada yang lg rindu,,, tapi saya belum yakin,,,, dan itu mungkin di karenakan kurang tidur ,,, memang saya kurang tidur ,, karena saya sering bergadang sampai larut malam ,,,, dan keseringan di depan komputer . @arrismanfirdaus follow us ya,,,,,, hihihi

  30. Informasi yang bermanfaat, semoga Tuhan meninggikan orang-orang yang berilmu..amin

  31. Thanks infonya..bermanfaat bnget. Sudah beberapa hr ini mata saya,bag. kiri bawah terus kedutan dgn intensitas lumayan lama…

  32. ass…
    mata saya sebelah kiri bwh bergerak terus menerus ,
    sgt tidak nyaman sx ,
    udh 3 hri bturut turut …
    mitos mengatakan “akn mndapat musibah org yg kita sygi”
    jg kpikiran…

    gmn cara mengatasi kedutan & mitos tsb ?

  33. mataku sebelah kiri udh 3 hari selalu kedutan apa ya obatnya???

  34. info yang bagus dan bermanfaat..
    kebetulan sya sering mengalami kedutan di mata kanan maupun kiri..juga kadang di bibir,,
    sebelumnya masih sedikit percaya sama mitos..tapi setelah baca artikel ini, lebih percaya dengan artikel ini..:)

  35. Assalamualaikum..
    afwan mo nanya, sudah dua minggu mata saya kedutan dan tidak seperti biasanya setiap hari dan sangat keras sehingga menggagu aktifitas, saya memang selalu didepan komputer min 9 jam per hari. apa mungkin saya mengalami gangguan saraf,,.??

    sukron

    • Asslmualaikum
      Sy jg ada keluhan mata kiri atas sering kedutan hebat, sampai kadang ber kedip2.. Biasanya gangguan diawali dengan melintasnya cewe cantuik di depan sy.. Knp ya??? Mohon pencerahannya

  36. kalau saya kedutan terjadi di alis kiri … pengen berenti ga bisa euy … pegel juga … :D

  37. َ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Kalo saya setiap saat menguap maka kelopak kiri bawah akan berkedut bbrp kali itu krn α̍̍̊þα̣̣ ya?skrg biar pun tdk menguap ya kdg2 tetap kedutan juga

  38. berarti q kelelahn, stres.

  39. kelopak mata sebelah kanan bawah sy, sdh 3 hr ini msh aja berapa menit berkedut.,.,

  40. Assallamualaikum., Wr. Wbr.

    Terima kasih untuk semua penjelasan yang saya perlukan.
    selama ini yang saya tau kedutan pada sekitar mata biasanya hanya sesekali dan itu suatu pertanda.
    Saya mulai merasa khawatir karna kedutan yang saya alami sudah hampir 3 hari dan sering berkedut ternyata itu dikarenakan kelelahan dan stres yang mengakibatkan otot syaraf mata jadi terganggu, sekarang saya sudah mengetahui solusinya harus banyak istirahat dan tenangkan pikiran.

    Terima kasih
    Wassalam,

  41. ooh.. Very good post!
    saat ini hampir seharian mata kananku kedutan terus.. So .. To much stress ^^
    Thanks

  42. Wah baru aja mata bagian kiri atasku kedutan, tak kira itu suatu pertanda bahwa akan memperoleh kebaikan

  43. wah mata saya sdah berdenyut slama 2 hri tiap 3 menit sekali dan tdak mau berhti tu tdk berbahaya

  44. trimksh atas informasinya

    yang brmnfaat ……………

  45. Trima kasih atas infonya… sangat bermanfaat…

  46. kalau kedutannya sering di jari2 kaki kenapa ya?

  47. kalau kedutan jari2 d telapak kaki itu kenapa ya?

  48. dok bibir kiri bagian atas saya akhir2 ini slalu berkedut trus mnerus,apa ini bertanda penyakit serius dok,tq

  49. dok akhir2 ini bibir kiri atas slalu berkedut trus memerus,ini bertanda apa dok.?
    umur saya 24th

  50. nice info,izin share

  51. info bagus,izin share

  52. trims atas infonya …
    akhirnya saya tahu kedutan saya itu mungkin kombinasi antara stres, minum kopi (walau sekali sehari ngaruh engga yah?) dan juga terlalu lama di komputer kali yah … :mrgreen:

  53. AKHIRNYA AKU TAHU…………….

  54. Terimakasih atas infonya semoga menjadi ilmu yg bermanfaat..

  55. kedutan saya di pipi, bukan di sekitar kelopak mata

  56. Makasih byk infonya,manfaat banget,kekhawatiran tiada lg …

  57. kalo saya gimana bang gejala saya kedutan ampir 5 mnt sekali apa ini bahaya?

  58. bener banget saat ini saya seperti itu lantas saya mmang trlalu lama mlihat komputer

  59. wah jelas sekali paparannya,terima kasih mungkin kedutan yg saya alami jg karena stress.Dan terlalu sering berhadapan dgn komputer

  60. Seharian ini mata kananku kedutan terus tiap 10 detik. Sangat tdk nyaman.

  61. kelopak mata kananku tak henti2nya berkedut dh duaminggu ini sangat mengganggu aktifitasku.

  62. pipiku kedutan

  63. oohhh….ternyata

  64. Sebernernya si Hanya Allah tau..
    tapi entah hanya kebelutan / emang benar.. Menurut mitos kalo kedutan di alis mata kiri itu akan bertemu dengan keluarga , dan pengalaman pribadi saya saat alis kiri saya kedutan,pas esok nya saja saya bertemu keluarga saya dari kampung,, terus saya juga pernah beberapa kali kedutan ditangan, menurut mitos nya kalo kedutan di tangan itu mau dapet dapet rejeki,tetapi ketika tangan saya berkedut pasti sore harinya selalu ada rejeki , terus saya juga pernah sekali kedutan di mata sebelah kiri pas sore nya,eh pas malem gataunya nangis gara-gara galau tiba-tiba :| .. itu si saya gak tau benernya tentang mitos itu , ato hanya kebetulan semata.. yang jelas saya hanya percaya sama Allah, tapi ketika saya kedutan ,gak ada gejala gelaja seperti yang di postingkan di atas.

  65. saya pernah lama sekali kedutan di kelopak mata kiri sampai 1 minggu. paginya abis bangun tidur kelopak mata kiriku bengkak sperti belek’en. klu kya gitu gmna ya?

  66. kalau kedutan dimata sebelah kanan bagian atas pertanda apa ya? alx udah hampir 3 hari mata sy kedutan terus. mengganggu banget lagi klau lagi belajar.

  67. informasix sangat bagus dan sangat mbantu,krn sy pribadi sdh mengalami kedutan hampir seminggu,alhmd ada info dri anda y dpt mbuat sy tenang.trims

  68. kenapa saya mengalami kedutan tp bkn dr mata. Mlainkan alis sebelah kiri saya. Itu trjadi lbih dr 8 jam dan terus menerus. Apa yg hrus sya lakukan?
    Pdahal jadwal saya padat. Dan kerja’an menumpuk.
    Terima kasih

  69. terima kasih atas info yang sangat bemanfaat…setelah saya konsultasikan ke dokter syaraf” mengatakan bahwa hanya lelah, atau stres..

  70. Informasi yg sangat bermanfaat…
    Sy sedikit ingin bertanya.
    sy bekerja di sebuah perusahaan penerbit/percetakan. Setiap hari, sy duduk di depan komputer. boleh dikata, hampir 1×24 jam sy di depan komputer. Sy mengalami kedutan pada mata kanan bawah dan terkadang pada alis mata kiri atas…
    Terkait kedutan pada mata, sy telah memahaminya dari membaca Info di atas.
    yg sy belum pahami adalah penyebab terjadinya kedutan pada alis kiri tersebut… mohon dijelaskan
    pertanyaan kedua, jika kita duduk di depan komputer, maksimalnya berapa lama? mohon dijelaskan…
    Ucapan Terima kasih sebelumnya

  71. ternyata obatnya cm istirahat ya….
    kdg emang gk nyadar sih kalo udah kerja di dpn komptr. capek, lelah n stress pun gk dirasain… tp Allah emang tau banget ngingetin kt buat istirahat. jd deh mata dibikin kedutan trs buat sinyal body spy dikasih istirahat… hmmmm makasih ya udah kasih info…
    udah ngingetin ttg pentingnya istirahat…

  72. bagaimana jika kedutan itu terjadi dalam jangka wartu yg tidak sebentar ?

  73. bagaimana jika kedutannya dalam jangka waktu yg tidak sebentar ?

  74. Makasih

    setelah baca blog ini, aku jadi tau.

  75. Makasih ya???

    Aku jadi tau, mataku kedutan gara2 apa.
    Memang aku kyaknya kelelahan.

  76. walau gx ada respon dari admin, mari kita diskusi saja.

    • Saya juga ada kedutan di kelopak mata kiri atas. Awalnya menjengkelkan sx, tapi sekarang saya ingin menikmatinya sebelum hilang dgn sendirinya spt dulu-dulu. Tadinya saya surfing ingin mengetahui gejala mata kedutan. Tapi anehnya semua gejala yg diatas sebutkan tidak satupun yg pas. Sya tidur cukup, stres jg bukan :), memang ada sedikit, tapi apa bedanya dgn kemarin2 sebelum kedutan timbul.
      Mungkinkah ada gejala2 penyakit lain selain kurangnya istirahat atau stress?
      Terimakasih.

  77. wah, terima kasih banyak artikelnya. mata sebelah kanan saya beberapa hari ini kedutan mulu, hmm, tiga penyebab di atas ada semua pada kebiasaan saya: saya stress, kurang tidur, dan terlalu lama melihat komputer :D
    salam takzim

  78. thanks atas infonya semoga bermanfaat

  79. kalo kelopak mata kecil sebelah dan sering kedutan, penyebabnya apa dan harus bagaimana mengatasinya?

  80. Trims bwt infonya … sy udh ngalami kedutan dikanan bwh hmpir 3minggu, skrg dibagian kiri bawah br 3 hr ini …

  81. Trims infonya…Saya juga lagi kedutan mata kiri bawah,sama bibir atas…kalau menurut mitos kedutan kiri bawah mau nangis,dan kedutan bibir atas mau ngomel2…mohon pencerahannya…disebabkan apa bibir sy jg sering kedutan…

  82. Maaf mata saya kedutan setiap jam 2:30
    ini apa ya ?

  83. Mata kiri saya sering sekali mengalami kedutan, mengapa dan bagaimana cara menghilangkannya?

  84. Tq infox, karena selama ini sy percaya betul dengan mitos

  85. Thank you so much….. Informasinya sangat berguna banget buat saya yang kadang masih percaya sama mitos2 orang tua dahulu! Kadang kala saya kedutan dan membuat saya kawatir. Setelah baca artikel ini saya akuhi bahwa sering kali saya kurang tidur dan stress….apalagi pekerjaan saya yang mengharuskan 8 jam di depan computer!

  86. trimkasih
    izin share

  87. terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat bagi saya.

  88. trimksich atas info nya, skrg udh sdkit tau knp mata q kadang kedutan.

  89. terimakasih atas saran dan pelajaranya

  90. makasih yaa, ini bisa jadi peljran penting buat sya tanpa hrus mempercayai mitos trsebut :)

  91. makasih yaa, ini bisa jadi peljran penting buat saya :)

  92. trims infox.

  93. Terima kasih infonya :)
    Salam kenal

  94. alhamdulilah hanya cuma karna setres doang,,
    juga krn kebanyakan kerja di depan komputer aja,,,

  95. wakakaka..
    sial..
    mata kedutan,, bru kli ini..
    mngkin karna tdi jam 4 pagi.. ad kecoa di badan gw..
    lngsung spontan gw bangun dri tmpt tdur..
    dan lihat” kecoa tuh..

  96. […] Sumber […]

  97. YaAllah, mata saya udah lama kedutan sebelah kiri :( sampe pake obat juga masih tetep aja,, sampe2 izin ke sekolah buat brobat ke dokter spesialis mata :'( . Abis ngebaca artikel diatas saya jadi tau, tapi makin takut :(

  98. terima kasi untuk masukannya

  99. trimakasi,,, sngat brmanfaat,, salam kenal

  100. oooh begitu, alhamdulillah sekarang saya faham, thanks ya…..

  101. berarti saat ini saya dalam keadaan stress ya……..atau mungkin kecapean…..makasih ya untuk infonya.

  102. Ass…. Mata z sering kedutan nich tdk pernah berhenti sda seminngu, kira2 krena gejala apa yach.?

  103. makasiy infonya om..
    bermanfaat sekali & sangat jelas,
    sehingga kita tidak terpaku pada mitos2 yang selama ini beredar,(;

  104. terima kasih infonya
    bermanfaat sekali

  105. perfect info..thanks

  106. saya udah hampir 1 thun ini stiap 1minggu sekali atau brapa hari pasti kedutan ,,
    itu terjadi sejak saya cakit lambung itu kenapa ya ..

  107. Dok mau nanya nehh udah 3hr ini mata kkedutan mulu,,knpa yahh sering bngt kedutan nya,,kdang ampe lama yg d sebelah kanan dok

  108. Setelah baca tulisan ini,kedutan mata kanan saya agak mereda.Makasih penjelasannya.

  109. Duit

  110. Thanks bngt infony..

  111. Alhamdulillah….kini akui dah tau.
    Jd pikiran tk liar kmn”.n lps prasangka.
    Trimakasih.
    Smoga ada artikel” lain lg.

  112. terimakasih, dalam penyebaran pengetahuannya..
    khususnya bagi diri pribadi yang tak paham medis..
    semangat terus dan teruslah melangkah

  113. Thanks infonya!!

  114. saya merasa tidak stress dan tidak kelelahan yg over dan tidak pernah minum kopi. namun sdh hampir 2 minggu kelopak mata kanan saya sering kedutan. mohon infonya. terima kasih.

  115. tanks for info very urgent. because i always looking for mytical interpretation. subhanallah so i believe this have been stress with any problem.

  116. Mkasih infonya sangat membantu,,,,

  117. tks sharing yg sangat bermanfaat…. lebih baik mencegah daripada mengobati……

  118. Thx a lot ma infonya ^^. Jadi gak percaya mitos, mataku kelelahan ternyata. terlalu lama liat layar laptop -_-” XD

  119. Klo kedutan di kelopak mata kiri saya sudah berlangsung 3 bulan dan sering (setiap 2-5 menit sekali dalam sehari). Apakah ini sudah termasuk ke dalam kondisi yang berbahaya?

  120. Terimakasih infonya,, mantappp bangettttt!!! tadinya galau karena dengar mitos kalau mata kedutan akan menangis dan bersedih… sekarang udah lega… hehehehe

  121. owc begtu….

    bgus deh…
    lw mnurut mwdis bgitu..

    kata kwn2 ktanya bkal ada brita bagus atau akaan menangis..
    mudah2 an aja dak akan terjadi .

    amin…………

  122. Sy mngalami kdutan dsktr klopak mata ats sblh kiri,dn brlngsng sngt lm,dri pg smpe mlm tdk henti2. Apakh yg sy alami ni,tq

  123. artikelnya bagus, sangat berguna…terima kasih infonya, dan telah berbagi ilmu yg bermanfaat…

  124. beberapa hari ini sama mengalami kedutan
    setiap menutup mata agak lama. pasti kedutan
    itu kenapa ya ?

    terima kasih

  125. trima kasih bos

  126. terima kasih atas infonya .

  127. Makasih infonya ya…

  128. artikelnya bagus n endidik , berarti saya harus istirahat nih…. soalnya si mata udah kedutan terusn dari siang :)

  129. klau mau berobat ke dokter apa yak?dokter mata apa dokter syaraf?mhn infox

  130. maksih atas infonya. Hello nie saya mau tanya dokter.stiap saya tegang bnyak pikiran ato lg marah knapa mata saya selalu brkedut ya dok ini udah agak lama apa obatnya ya dokter please bantu saya apa obatnya dok. Makasih

  131. ini baru informasi yang sangat menarik….karena ilmiah, bukan klenik!
    makasih ya mbak :)

  132. Alhamdulillah bertambah ilmu saya, trimakasih banyak atas share ilmunya, semoga bermanfaat bagi pembacanya
    Aamiin ya Allah

  133. Kirain aku tnda mata kiri kedutan. Arti ny yg mau diliat… ehhhhhhhhhhh slh tanggap

  134. Hmmmm….

  135. Terimakasih infonya, ijin tag ya… agar ada pencerahan ilmu….

  136. trim’s ya atas info nya, sedikit menenangkan
    tetapi saya sudah 1 bulan lebih selalu kedutan di kelopak atas mata kiri
    ada saran untuk saya?

    trims

    ny. junaedi

  137. saya kedutah hampir 1 bulan terus terang kami lelah karena hari hari menghadapi layar computer, mungkin itu masalhnya dan strees kadang menghadapi konsumen yg komplain, trus kami konsumsi nutrisi dan rilex skarng agak lumanyan berkurang, mkasih infonya

    • Kak…
      Kalo boleh tau nutrisi yang kakak maksud itu apa ya…??
      Apakah obat2 nutrisi wajah yg bisa dibeli di apotek kak…???

      Makasih…

  138. Terimakasih atas infonya
    Kalau yg pernah saya alami bukan hanya kedutan dimata saja, tapi juga di sekitar mulut !
    Kalau saya rasa ini memang ada syaraf yg terganggu

  139. Wah terima kasih banget share infonya, sangat membantu nih, Sudah 2 hari ini kelopak mata atas kiri saya kedutan terus, hampir tidak berhenti.
    Sekarang saya lebih jelas mengapa.
    Saya memang sedang sakit jadi Karna kurang tidur dan rada stress juga sepertinya.
    Salam
    Irene

  140. terima kasih atas ulasannya….menenangkan

  141. ass,mksh atas info dan penjelasannya dok.wslm

  142. terima kasih informasinya udah 3 hri ini mata kanan saya kedutan parah, tapi kalau penyebabnya kecapean mungkin juga coz dah lama lembur depan komputer dan kurang terrtidur

  143. iya dok. saya emng kurang tidur dan suka lembur depan laptop.. sekarang mata kiri saya kedutan. -__-

  144. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat

  145. Terima kasih atas infonya….
    Saya masih merasa kurang puas juga, masalahnya saya sudah mengalami kedutan pada mata selama sebulan. Emang sih sempat terhenti beberapa hari tetapikambuh lagi pada mata bagian kiri atas. Terus terang ini mengganggu sekali. Sebagai info saya tidak bermasalah dengan tidur karena biasanya saya tidur malam selalu dibawah jam 10 malam, saya juga bukan pecandu kopi, emang sih sesekali saya minum kopi tapi tidak rutin.
    Tolong minta penjelasan atas kasus saya, terima kasih sebelumnya.

    • Salam,… saya sangat memerlukan jawaban terhadap permasalahan saya ini. Atas jawabannya saya sampaikan terima kasih.

  146. assalamu’alaikum….
    sya wanita usia 20 tahun. dulu waktu sma kelas 2, tepatnya bulan oktober 2010, saya kedutan dan ga pernah berhenti. dan berhenti sekitar kalo ga salah bulan agustus 2011. hampir setahun saya kedutan tanpa berhenti. sampai ga kerasa. hanya saja setiap kali bercermin pasti melihat kedutan di mata kiri saya, saya selalu merasa ingin menangis. pas berhenti saya merasa sangat senang. bahkan sampai berkali2 sujud syukur.
    tapi, masalahnya kedutan menjadi hal yang kambuh-kambuhan buat saya. jika saya terlalu bersemangat, jika saya berbicara terlalu banyak, jika saya grogi, jika saya deg-degan, pasti langsung kedutan mata kiri saya. dan cukup lama sekitar 10-20 menitan.
    saya kurang pede dengan hal ini… :(
    dan saya juga belum pernah konsultasi ke dokter.
    kira2 apa yg bermasalah? apa solusinya?

  147. Terimakasih , sangat bermanfaat sekali… Selama ini saya percaya mitos :))

  148. oooh ternyata begitu,makasih info nya.mudah – mudahan mata kiri saya bisa berhenti kedutannya 0_@

  149. Mntap sharingnya.. tq

  150. tapi kok cuman mata kanan saya yg berkedut dan warnanya biru, berair

    itu gejala yg alergi atau lelah?

  151. Saya sudah mengalami kedutan selama 3 hari lebih,tidak setiap saat sih tapi sering sekali,apa sebabnya..apa karena saya kerja malam terus dan kurang tidur?..

  152. Terimakasih banyak. Sangat membantu.

  153. Assalamualaikum Wr Wb..Saya mempunyai riwayat penyakit pada mata yaitu ablasio retina sama toksoplasma di mata sebelah kiri. kebetulan akhir2 ini mata sebelah kiri saya sering sekali kedutan, saya jadi merasa makin cemas sama mata saya takutnya reaksi tarik menarik antara ablasio retina sama toksoplasma. Tolong infonya. Wassalamualaikum Wr Wb

  154. saya mengalami kedutan di mata setiap saat ,di bagian mata sebelah kanan,kedutan terjadi setelah saya berkedip/menutup mata..?
    mata sebelah kanan lebih sulit terbuka seperti ada yang menganjal,kira” apa ya penyebab nya?

  155. Nice info….baru tau ternyata begitu ya….terimakasih

  156. Terimakasih info nya :3

  157. info yang bagus, bermanfaat bget buat aku yang sering ngerasain kedutan ..
    sebenernya agak risih sih, bayak pikiran macem2 tpi setelah baca ini, aku cukup positive thingking deh, n mulai buat lebih menjaga ksehatan aku :)

  158. Saya juga akhir2 ini kedutan mata sebelah kiri.. tapi kedutannya kadang berhenti nanti ada lagii.. sering merasa pusing juga sih. Tapi knp yang berdenyut itu hanya mata kiri ya ? Sebelumnya Makasih banget infonya

  159. Wahh gawaat, masak iya aq sedang gangguan syaraf skarang ini..
    Tapi masuk akal sih, emang akhir-akhir ini badan sering pegal pegal..

    Thanks yaa infonya, berguna banget nihh.. :D

  160. Saya sudah hampir 1 minggu kelopak mata kanan atas berkedut , apa sebaiknya saya periksakan ke dokter? terima kasih

  161. Makasih infonya, kadang Kita terlarut dengan mitos yg berkembang di lingkungam Kita … Penjelasan’a sangat masuk akal.

  162. Terimakasih untuk info yang sangat bermanfaat dan menarik…
    Kesehatan mata memang sangat penting untuk diperhatikan, karena seperti yang sudah biasa kita dengar “mata adalah jendela dunia”, dengan mata kita dapat mempelajari banyak hal. Ternyata kedutan tidak ada hubungannya sama sekali dengan mitos yang banyak beredar, bahkan penyebabnya dapat dijelaskan secara ilmiah :)

  163. kelopak mata kanan saya kedutan sudah 1 minggu, bisa jadi karna kelelahan mengerjakan tugas akhir kuliah.. dengan membaca postingan ini saya mengerti bahwa mata kedutan bukan hanya mempunyai arti yang baik maupun tidak baik menurut mitos.. terima kasih banyak atas infonya, berbagi ilmu pahala lho :)

  164. Mata kanan saya sudah lbh dari 3 hari kedutan awalnya saya tdk percaya mitos tp penasaran apa penyebabnya skrg jd ngerti n saya tw penyebabnya karena selain saya suka minum kopi/kafein n jg saya sering memakai softlens jd harus sedikiti dikurangi,,,makasih atas infonya

  165. Mata kiri bawah ku kedutan lumayan lama dan berhenti, kemudian terulang lagi hingga tiga hari sudah, sampai ngerasa keganggu karna kenceng banget. Strees bisa jadi, kecapek-an mungkin, kurang tidur iya juga. Ah, mungkin dia lelah (mata) :D

  166. Benar. Karena keseringan melihat layar laptop dan tidur kurang dari 6jam menyebabkan kelopak mata saya jadi sering mengalami kedutan beberapa hari ini.

  167. Luar biasa, sy srng mngalami kedutan akhr2 ini…
    Mksh infonya….

  168. Terimakasih infonyaa insyaallah bermanfaat ^^
    karena kelopak mata kanan bawah saya juga sudah kurang lebih 2 minggu ini mengalami kedutan tidak berhenti, padahal sedang libur kerja lumayan lama .. tapi tetap saja sampai hari ini kelopak mata kanan bawah saya masih tetap kedutanl. mohon pencerahannya :)

  169. makasih informasinya membantu banget….

  170. terimakasih infonya sangat membantu sekali…

  171. Good

  172. sebenarnya utk hal mitos memang mau hampir terasa terjadi ke aku, tapi amit” dah tntg mitos…. aku lebih percaya dengan hal yang rasional seperti ini, terima kasih infonya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: